Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Selasa, 20 Desember 2011

BEDAK GATAL

Daktarin
miconazole nitrate



KOMPOSISI :

Tiap gram krem atau bedak mengandung 20 mg miconazole nitrate.

KHASIAT :

Farmakodinamik
Daktarin mempunyai perpaduan daya antifungi terhadap dermatofit, ragi dan jamur-jamur lainnya dan juga mempunyai daya antibakteri gram positif, Staphylococcus dan Streptococcus spp. Daktarin menghambat biosintesa ergosterol di dalam jamur dan mengubah komposisi komponen-komponen lemak didalam membran, yang menyebabkan nekrosis sel jamur. Daktarin bekerja pada mikosis dengan infeksi sekunder. Daktarin bereaksi terhadap "gatal" yang diakibatkan infeksi dermatofit dan ragi sehingga gejala gatal membaik diikuti kesembuhan gejala yang lain. Farmakokinetik Daktarin krem atau bedak tidak ditemukan dalam darah setelah pemakaian topikal.

INDIKASI :

Infeksi kulit yang disebabkan oleh dermatofit atau ragi dan jamur lainnya seperti:
-
Pityriasis versicolor (panu),
-
Tinea capitis (di kulit kepala),
-
Tinea corporis (di leher/badan),
-
Tinea manuum (di telapak tangan),
-
Tinea barbae (di dagu),
-
Tinea cruris (di selangkangan),
-
Tinea pedis (di telapak kaki/athlete's foot)
Karena Daktarin memiliki efek antibakteri terhadap bakteri gram positif, maka dapat digunakan pada mikosis dengan infeksi sekunder bakteri (misalnya dermatitis popok).

Daktarin bedak atau krem dapat digunakan untuk:
- ruam popok
- terapi infeksi selangkangan atau diantara jari yanq disebabkan oleh dermatofit atau ragi
- bedak dapat digunakan dengan menaburkan pada kaos kaki dan sepatu


DOSIS DAN CARA PENGGUNAAN :

Bubuhkan krem atau bedak pada lesi 2 kali sehari Ratakan krem atau bedak dengan jari sehingga seluruhnya meresap kedalam kulit. Bila Daktarin krem dan bedak digunakan bersamaan, pemakaian cukup sekali sehari. Penggunaan bedak untuk pencegahan cukup sekali sehari. Lamanya terapi bervanasi antara 2- 6 minggu tergantung dari tempat dan berat ringannya penyakit. Pengobatan harus diteruskan paling tidak 1 minggu, setelah semua gejala hilang Penyakit panu mengakibatkan gangguan pigmentasi kulit betelah pengobatan, gangguan pigmentasi belum kembali normal. Untuk pigmentasi normal dianjurkan berjemur di pagi

0 komentar:

Posting Komentar